Kunci Gitar
Aplikasi Kunci Gitar di Android Bisa Offline
Download

Kunci Gitar Dasar - Power chord adalah salah satu staples musik rock dan salah satu jenis chord gitar yang paling penting. Ada beberapa alasan kenapa Anda harus mempelajari chord ini, antara lain :

1. Power chord mudah dimainkan

2. Power chord menggunakan TON dalam banyak lagu, sehingga sangat serbaguna.

3. Power chord akan membantu memperluas repertoar suara / gaya gitar Anda.

Ketika Anda memainkan gitar akustik maupun elektrik, Anda akan menemukan yang namanya power chord ini. Dalam gitar, terutama gitar listrik, power chord sangatlah penting. Sebuah power chord (juga dikenal sebagai chord kelima) pada dasarnya adalah akord yang terdiri dari not root dan not interval kelima.

Jika Anda tidak tahu apa yang saya maksud dengan interval kelima, Anda bisa mengartikannya sebagai not kelima dalam skala besar. Misalnya, dalam C mayor, notnya adalah C (1) - D (2) - E (3) - F (4) - G (5) - A (6) - B (7) - C (8). Not kelima dalam skala tersebut adalah G.

Selain itu, beberapa power chord juga menyertakan not root kedua, satu oktaf lebih tinggi. Dalam contoh di atas, sebenarnya sesuai dengan not C di posisi ke-8 (opsional). Karena itulah power chord bisa dimainkan dengan 2 atau 3 jari.

Hal yang menarik tentang chord ini adalah tidak adanya kualitas mayor atau minor, tidak seperti full version nya (barre chord). Hal itu dikarenakan oleh power chord tidak memiliki not ketiga dalam skala yang memberikan kualitas utama atau minor. Power chord secara teknis bukan chord, tapi dyad karena hanya terdiri dari 2 not saja.

Power chord hanya menggunakan not root dan not kelima. Chord ini juga dapat diidentifikasi dengan adanya nomor 5 pada not root. Misalnya, C power chord dapat disebut dengan C5. Demikian juga dengan G power chord, dapat disebut sebagai G5.

Baca Juga : Belajar Kunci Gitar Dasar Untuk Pemula, Lengkap!

Anda mungkin pernah mendengar istilah barre chord pada artikel sebelumnya, namun apakah Anda tahu apa perbedaan antara barre dan power chord?

Barre chord adalah jenis chord yang menggunakan jari telunjuk untuk menekan keenam senar gitar sekaligus. Sedangkan power chord sebenarnya merupakan bagian dari kunci barre, sehingga jauh lebih mudah untuk dimainkan.

Meskipun power chord lebih mudah untuk dimainkan, akan tetapi barre chord mampu menawarkan kualitas nada yang lebih harmonis. Sehingga dalam menentukan apakah Anda ingin menggunakan barre chord atau power chord, itu benar-benar tergantung pada suara apa yang ingin Anda capai.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, power chord terdiri dari dua not. Gambar di bawah ini menunjukkan contoh A5 chord power (jari 1 dan 4 memainkan nada yang sama, hanya saja dalam oktaf yang berbeda).

Kunci Gitar Dasar
A Power Chord


Kunci A barre, di sisi lain menggunakan jari telunjuk untuk menekan semua string pada fret kelima. Tentunya bersamaan dengan penempatan jari lainnya (tergantung pada chord apa yang akan Anda mainkan).

Kunci Gitar Dasar
A Mayor dan A Minor Barre


Saat Anda memainkan setiap chord secara terpisah, Anda akan mendengar perbedaan kualitas harmonik pada masing-masing chord. Sementara barre chord menawarkan kombinasi nada yang lebih dinamis, power chord menawarkan suara yang lebih lembek dan kasar.

Berikut ini ada beberapa contoh chord yang dapat Anda mainkan untuk mengetahui suara mana yang lebih baik.

Kunci Gitar Dasar
Power VS Barre Chord


Mengetahui posisi sejumlah power chord dasar tidak hanya memungkinkan Anda untuk mempelajari sekumpulan lagu baru saja, namun juga memungkinkan Anda untuk menciptakan lagu baru.

Secara keseluruhan, posisi jari kurang lebih sama dengan chord lainnya. Salah satu perbedaan utama dalam posisi power chord ini adalah memutuskan apakah Anda ingin memainkan chord dengan 2 atau 3 jari. Saya sendiri lebih suka memainkan power chord dengan 3 jari, karena saya pikir hal itu terlihat lebih profesional. Namun, jika Anda baru belajar power chord, saya akan merekomendasikan untuk menggunakan 2 jari saja pada saat ini.

Dengan begitu cukup memungkinkan Anda untuk mengubah posisi power chord lebih cepat dan dengan lebih mudah. Setelah Anda merasa lebih nyaman dengan power chord, Anda dapat melanjutkannya menggunakan 3 jari.

Power chord dapat di ubah ubah posisinya, dan Anda dapat memainkannya pada fret (string ke-6 dan ke-5). Hanya dengan mempelajari fretboard gitar, Anda dapat dengan mudahnya menemukan sejumlah not yang ingin Anda mainkan dengan power chord.

Setiap sub-bagian power chord di bawah ini akan menunjukkan kepada Anda tempat memainkan chord menggunakan string ke-6 (E rendah) serta string ke-5 (A). Setiap power chord di bawah ini dimainkan dengan 3 jari. Namun, jika Anda ingin memainkannya dengan dua jari saja, maka Anda perlu membuat pengecualian terhadap not yang satu oktaf lebih tinggi dari setiap posisi akornya.

Cara memainkan A Power Chord dimulai dengan not root pada string keenam. Untuk melakukannya, letakkan jari pertama Anda pada fret kelima dari senar E rendah. Kemudian, letakkan jari ke-3 Anda pada fret 7 senar A. Strum 2 not ini dan Anda akan memainkan A Power Chord. Jika Anda ingin menyertakan not tambahan A yang merupakan oktaf lebih tinggi dari root terendah, cukup gunakan jari ke-4 Anda untuk memainkan fret ke-7 pada string D.

Selain itu, untuk memainkan A Power Chord juga dapat dimulai dari senar ke-5, letakkan jari pertama Anda pada fret ke-2 dari senar D dan putar not ini dalam kombinasi dengan string A terbuka. Anda dapat menyertakan not A yang merupakan oktaf lebih tinggi yang terletak pada fret kedua dari string G.

Kunci Gitar Dasar
A Power Chord


Cara memainkan B Power Chord dimulai dengan not root pada string keenam. Letakkan jari pertama Anda pada fret ke-7 dari senar E rendah. Kemudian, letakkan jari Anda yang ke-3 pada fret 9 senar A. Untuk memasukkan not B tambahan yang satu oktaf lebih tinggi, gunakan jari ke-4 Anda untuk memainkan fret 9 pada senar D.

Selain itu, untuk memainkan B Power Chord juga dapat dimulai dari string ke-5, letakkan jari pertama Anda pada fret ke-2 dari string A dan jari ketiga Anda pada fret ke-4 dari string D. Untuk memasukkan not B yang merupakan oktaf lebih tinggi dalam posisi ini, tekan fret ke-4 dari string G dengan jari ke-4 Anda.

Kunci Gitar Dasar
B Power Chord


Letakkan jari pertama Anda pada senar ke-8 dari senar E rendah. Kemudian, letakkan jari Anda yang ke-3 pada fret 10 dari senar A. Jika Anda ingin menyertakan not C tambahan yang satu oktaf lebih tinggi, gunakan jari ke-4 Anda untuk memainkan fret ke-10 pada senar D.

Selain itu, Anda juga bisa memulainya dari senar ke-5, letakkan jari pertama Anda pada fret ke-3 dari senar A dan jari ketiga Anda pada fret kelima dari senar D. Untuk memasukkan not C yang merupakan oktaf lebih tinggi dalam posisi ini, tekan fret ke 5 dari string G dengan jari ke-4 Anda.

Kunci Gitar Dasar
C Power Chord


Letakkan jari pertama Anda pada fret 10 dari senar E rendah. Kemudian, letakkan jari Anda yang ke-3 pada fret ke-12 dari senar A. Untuk memasukkan not D yang satu oktaf lebih tinggi, letakkan jari ke-4 Anda pada fret ke-12 pada senar D.

Selain itu, untuk memainkan chord ini juga dapat dimulai dari senar ke-5, letakkan jari pertama Anda pada fret kelima dari senar A dan jari ketiga Anda pada fret ke-7 dari senar D. Untuk memasukkan not D satu oktaf lebih tinggi, tekan ke bawah pada fret ke-7 dari string G dengan jari ke-4 Anda.

Kunci Gitar Dasar
D Power Chord


Letakkan jari pertama Anda pada fret ke-2 dari senar A dan mainkan not ini bersama dengan string E rendah yang terbuka. Jika Anda ingin memasukkan not E tambahan satu oktaf lebih tinggi, gunakan 2 jari Anda untuk memainkan fret ke-2 pada string D.

Selain itu, untuk memainkan chord ini juga dapat di mulai dari senar ke-5, letakkan jari pertama Anda pada fret 7 dari senar A dan jari ketiga Anda pada fret 9 dari senar D. Untuk memasukkan not E tambahan, tekan fret 9 dari senar G dengan jari ke-4 Anda.

Kunci Gitar Dasar
E Power Chord


Letakkan jari pertama Anda pada fret 1 dari senar E rendah. Kemudian, letakkan jari ke-3 Anda pada fret ke-3 dari string A. Untuk memasukkan not F tambahan satu oktaf lebih tinggi, gunakan jari ke-4 Anda untuk memainkan fret ke-3 pada string D.

Untuk memainkan chord ini juga dapat dimulai dari senar ke-5, letakkan jari pertama Anda pada senar 8 dari senar A dan jari ketiga Anda pada fret ke-10 dari senar D. Untuk memasukkan not F yang merupakan oktaf lebih tinggi dalam posisi ini, tekan fret G yang ke 10 dengan jari ke-4 Anda.

Kunci Gitar Dasar
F Power Chord


Terakhir, letakkan jari pertama Anda pada fret ke 3 dari senar E rendah. Kemudian, letakkan jari Anda yang ke-3 pada fret kelima dari senar A. Untuk memasukkan not tambahan G yang memiliki oktaf lebih tinggi, tekan ke bawah dengan jari ke-4 Anda untuk memainkan fret kelima pada senar D.

Untuk memainkan chord ini juga dapat dimulai dari senar ke-5, letakkan jari pertama Anda pada fret 10 dari senar A dan jari ketiga Anda pada fret ke-12 dari senar D. Untuk memasukkan not G yang merupakan oktaf lebih tinggi pada posisi ini, tekan fret G string ke-12 dengan jari ke-4 Anda.uga

Kunci Gitar Dasar
G Power Chord


Loading...

Kunci Gitar Lainnya:

close