Kunci Gitar
Aplikasi Kunci Gitar di Android Bisa Offline
Download

Cara Membaca Tab Gitar - Tabulatur, atau tab, adalah elemen yang sangat penting, yang memungkinkan pemain gitar dapat belajar cara memainkan akord, melodi, dan lagu dengan mudah. Mempelajari cara membaca tab gitar bisa menjadi misteri bagi beberapa pemain gitar yang masih baru.

Dalam pembahasan ini, kita akan belajar cara membaca tab gitar dan membahas beberapa elemen yang lebih umum yang akan Anda lihat ketika Anda membaca tab untuk sebuah lagu yang ingin Anda mainkan.

Sepanjang panduan ini Anda akan mendapatkan beberapa tips untuk membantu Anda dalam menghindari beberapa masalah yang dialami sebagian besar oleh pemain baru ketika belajar cara membaca tab. Tentunya hal ini akan sangat membantu Anda mempelajari lagu-lagu favorit Anda jauh lebih cepat dan jauh lebih mudah.

Baca Juga : 18 Cara Belajar Gitar Bagi Pemula Paling Mudah

Sebelum kita membaca Tabs, pastikan Anda mengetahui 3 Sistem Penomoran Dasar yang harus dimiliki oleh semua pemain gitar, yakni Frets, Fingers, Strings, dan lain sebagainya.

Frets adalah strip logam yang terletak pada bagian leher gitar. Fret yang paling jauh ada di sebelah kiri Anda, jika tangan kanan Anda terletak di frets pertama. Dan berikutnya, di sebelah kanan frets yang pertama adalah frets yang kedua dan seterusnya. Hal ini sangat sederhana tetapi penting untuk dipahami ketika Anda mulai belajar membaca tab.

Secara umum, finger dapat kita artikan sebagai jari. Nah, dalam bermain gitar, jari-jari kita memiliki sistem penomoran khusus, yang dimaksudkan untuk memudahkan kita dalam belajar membaca chord dan tab.

Jari telunjuk Anda adalah jari pertama Anda, jari tengah Anda adalah jari kedua Anda, jari manis Anda adalah jari ketiga Anda, dan jari kelingking Anda adalah jari keempat Anda. Sekali lagi, sistem penomoran ini sangat sederhana tetapi sangat penting ketika Anda mulai belajar di mana harus meletakkan jari Anda untuk membuat akord.

Secara umum, strings dapat kita artikan sebagai senar. Nah, dalam hal ini senar juga memiliki sistem penomoran yang hampir mirip dengan Fingers. Namun sistem penomoran pada strings jauh lebih sederhana.

String tertipis adalah string pertama dan string paling tebal adalah string keenam. Tentunya sangat mudah untuk diingat.

Selanjutnya mari kita pelajari tata letak dasar Tab. Saat Anda melihat Tab yang ingin Anda pelajari, kemungkinan besar Anda akan melihat beberapa notasi standar di bagian atas dan Tab di bagian bawah.

Enam senar gitar diwakili oleh enam garis horizontal Tab. Garis atas mewakili senar E tinggi dari gitar dan garis bawah mewakili senar E rendah dari gitar. Hal ini dapat sedikit berlawanan dengan beberapa orang, jadi ingatlah bahwa baris teratas adalah senar tertipis dan Anda akan selalu benar.

Angka-angka yang akan Anda lihat pada potongan tablatur akan mewakili fret yang seharusnya Anda posisikan. Anda membaca angka-angka ini dari kiri ke kanan seperti Anda membaca buku.

Notes: Nomor tunggal dari kiri ke kanan mewakili garis melodi atau solo yang mungkin Anda mainkan.

Chords: Nomor yang ditumpuk mewakili akor dari beberapa jenis.

Sekarang setelah kita membahas dasar dasar Tab, mari kita lihat beberapa elemen yang lebih umum yang akan Anda lihat ketika melihat tab.

Elemen pertama yang ingin saya bicarakan dengan Anda adalah Palm Muting. Palm muting diwakili oleh tanda "PM—". Garis-garis kecil menunjukkan berapa lama Anda harus terus membungkam notes.

Mute notes atau notes yang diredam, diwakili oleh tanda "x" pada string tertentu. Saat Anda melihat mute notes, Anda harus mematikan not dengan tangan kiri atau tangan kanan Anda dan memainkan not itu sehingga nada benar-benar tidak terdengar.

Setelah memahami beberapa elemen dasar, selanjutnya Anda perlu memahami elemen lanjutan agar dapat membaca tab gitar degan lancar.

Bending dapat kita artikan membungkuk, bening sendiri merupakan elemen Tab yang cukup umum. Anda dapat mengatakan bahwa Anda harus membengkokkan not dengan menunjuk panah ke atas di sebelah satu atau beberapa angka.

Jarak yang Anda tekuk untuk mencatat akan ditentukan oleh indikator di sebelah panah. Mungkin ada lengkungan "full" atau lengkungan "1/2". Setelah Anda bertemu dengan beberapa lengkungan, Anda akan segera mengetahui intinya.

Geser pada gitar diwakili oleh nomor fret, garis, dan kemudian nomor fret lain. Garis akan miring ke atas atau ke bawah tergantung pada Anda meluncur dari nada yang lebih tinggi ke nada yang lebih rendah atau sebaliknya.

Anda dapat mengidentifikasi hammer-ons dan pull-off oleh sedikit cercaan atau busur antara dua not atau lebih yang berdekatan. Butuh waktu yang sedikit lebih lama untuk menafsirkan ini dengan cepat. Namun setelah Anda berada dalam beberapa situasi musik seperti ini, Anda akan menemukan tekniknya.

Vibrato adalah ketika Anda berulang kali melakukan bending dan melepaskan not untuk efek vokal yang ekspresif. Hal ini biasanya diwakili oleh garis berlekuk-lekuk di atas not. Anda dapat mengetahui seberapa kuat vibrato hanya dengan melihat ketebalan garis berlekuk-lekuk tersebut.

Indikator downstroke terlihat seperti garis bujur dari huruf �U� terbalik, dan indikator upstrokes terlihat seperti panah menghadap ke bawah. Jika komposer itu menulis sepotong musik dengan pola khusus, maka Anda akan melihat sebuah indikator.

Setelah mengetahui dasar-dasar dan elemen pada tab, langkah selanjutnya Anda perlu mencoba untuk membaca tab dari lagu favorit Anda. Dalam hal ini Anda bisa membaca sambil menghafalkan beberapa elemen yang ada di dalam tab.

Jika Anda sudah berhasil membaca tab dari salah satu lagu favorit Anda. Maka cobalah untuk membaca tab lain yang jauh lebih rumit dari tab lagu favorit Anda. Dengan begitu Anda dapat memperbanyak pengalaman dalam membaca tab.

Kunci utama yang perlu Anda ketahui adalah jangan pernah merasa puas. Jika Anda sudah bisa, Asah terus kemampuan Anda. Jangan sampai kemampuan ini hilang begitu saja karena tidak pernah Anda gunakan.

Nah itulah beberapa panduan mengenai cara membaca tab yang dapat saya bagikan kepada Anda. Sebenarnya tidak ada teknik khusus dalam membaca tab, namun dalam hal ini Anda perlu mengetahui dasar-dasarnya dan beberapa elemen yang terdapat dalam suatu tab. Tanpa hal itu, tentu Anda akan merasa bingung jika dihadapkan langsung dengan sebuah tab.

Loading...

Kunci Gitar Lainnya:

close