Belajar Melodi Gitar – Belajar melodi gitar memang tidak semudah mempelajari kunci gitar dasar. Akan tetapi pada artikel kali ini Anda akan mendapatkan pemahaman yang jauh lebih mudah mengenai berbagai macam melodi gitar.

Baca Juga : Kunci Gitar Bass Paling Mudah, Cocok Untuk Pemula!

Saat memainkan melodi chord, Anda dapat menggunakan banyak sub-chord yang sama seperti pada saat Anda melakukan comping atau bermain solo. Dalam panduan ini, Anda dapat mempelajari tiga substitusi akord yang dapat Anda ambil dari konteks ini, dan menambahkan ke pengaturan melodi chord Anda sendiri.

Tidak ada langkah subs yang jauh dari kunci yang diberikan, tetapi chord ini menambahkan sejumlah keunikan dibandingkan dengan chord diatonik. Chord subs tidak harus powerfull agar menjadi efektif, chord ini hanya perlu menjadi musikal dan diterapkan pada saat yang tepat.

Dengan chord subs ini, Anda dapat mengganti chord diatonik dengan V7 dari chord berikutnya dalam irama. Contohnya adalah progresi Cm7 ke F7, disini Anda dapat mengganti Cm7 dengan C7.

Hal ini menciptakan V7a/V7 untuk mengembangkan V7, sehingga sering disebut dengan istilah sekunder yang dominan. Oleh karena itulah dominan kunci ke-7 berbeda dengan diatonik. Dengan begitu akan tercipta suara dominan sekunder yang sama, namun di atas chord statis.

Menambahkan dominasi sekunder ke permainan Anda adalah cara yang efektif untuk membumbui susunan nada pada akord, dan hal tersebut bisa sangat berlebihan, maka dari itu Anda perlu berhati-hati.

Selain itu, hal tersebut juga dapat menciptakan keselarasan pada nada dengan progresi berulang ketika Anda mengubah mereka di setiap chorus melodi chord.

Chord ini dapat Anda temukan dalam versi Joe Pass dari lagu After You've Gone. Chord ini sendiri merupakan perpanjangan substitusi dominan sekunder, hanya saja pada chord ini Anda harus memasukkan ii V bukan V7.

Sedangkan cara untuk menerapkan chord ini sebenarnya cukup simpel, karena Anda hanya perlu bermain Gm7, C7 hingga F7 pada saat Anda memainkan Cm7 ke F7. Hal ini menggantikan Cm7 dengan sekunder dominan, dan C7.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pendekatan ini melalui akord statis. Jadi, ketika Anda menambahkan C7-G7-C7 melalui C7 statis, Anda dapat memainkan C7-Dm7 G7-C7 untuk membuat pengembangan ii V sekunder.

Karena iim7 dan V7 berkaitan, maka Anda dapat menggunakannya sebagai kombo, atau satu per satu dalam sub situasi akor.

Substitusi akhir adalah akord dim7 dalam kunci ke-7, dimana akord ini mempunyai suara yang sama dengan suara 7b9. Hal ini adalah teknik favorit Wes Montgomery, terutama ketika dipasangkan dengan sekunder dominan.

Setiap kali Anda melihat kunci ke-7, Anda dapat memainkan dim7 dari B9. Karena dalam kunci tidak ada not root 7b9. Hal ini tidak hanya menciptakan suara harmonik baru, namun juga memberikan Anda ketegangan untuk bermain dengan lebih powerfull dalam perubahan akor tersebut. Bagian inilah yang merupakan bagian terpenting, karena Anda harus menyelesaikan ketegangan itu dengan baik dan benar, supaya terdengar seperti musik dan bukan seperti kesalahan.

Jika Anda sudah mengetahui teori di balik konsep-konsep ini, maka sekarang saatnya untuk memainkannya.

Saat Anda menelusuri melodi chord berikut ini, perhatikan bagaimana sub chord mengubah suara lagu. Memang ini bukanlah suatu perubahan drastis, tetapi perubahan ini akan memberikan gaya Anda sendiri ke dalam pengaturan.

Belajar Melodi Gitar
Dim7


Setiap ulasan melodi chord tidak akan lengkap tanpa melihat gitaris solo jazz yang paling dikenal, yakni Joe Pass. Joe mengubah dunia musik jazz dengan rekaman Virtuoso-nya, dan banyak penggemar menganggapnya sebagai puncak gitar jazz solo. Untuk menghadirkan gaya gitar solo Joe Pass ke repertoar melodi chord Anda, berikut pengaturan gaya Joe Pass yang mungkin bisa Anda coba.

Tekstur Musik

Konsep Joe Pass yang pertama ini sering kali diabaikan oleh gitaris pemula, yakni tekstur musik ala Joe Pass.

Ketika mendengarkan pertunjukan solo Joe Pass, Anda akan melihat bahwa ia mencampur full akord, akord break, arpeggio, skala, oktaf, riff blues, dll. Sebagai contoh, Anda dapat melihat banyak variasi tekstur ini pada lagu After You've Gone. Dalam hal ini Anda dapat berpindah dari 2 hingga 3 not suara.

Frasa

Joe sangat ahli dalam frasa gitar jazz. Dengan memahami frasa, garis awal, tengah, dan akhir, Anda akan menemukan gaya bermain yang sama dengan Joe Pass. Selain itu, Joe juga terkenal dengan kemampuannya untuk berhenti sejenak, memperlambat frasa, dan mempercepat dialog.

Salah satu bagian terbaik dari bermain gitar tunggal adalah bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang tempo band. Jika Anda merasa frasa perlu diperlambat, maka perlambat saja. Jika Anda ingin menahan jeda lebih lama dari biasanya, maka lakukanlah.

Menentukan Kunci yang Tepat

Ketika mempelajari pengaturan di bawah ini, perhatikan bahwa kunci tersebut adalah kunci baru. Misalnya, D dibandingkan dengan Bb dalam pengaturan lainnya.

Salah satu hal paling keren dalam bermain gitar tunggal, dan sesuatu yang Joe Pass manfaatkan adalah Anda dapat mengubah kunci tanpa mengkhawatirkan instrumen lain.

Untuk membuat melodi mudah untuk diselaraskan, gunakan bagian-bagian tertentu dari fretboard untuk nada bass, atau mengambil string terbuka ke pengaturan Anda, lalu ubah kuncinya. Hal ini merupakan sesuatu yang dapat Anda lihat di berbagai macam pengaturan Joe.

Penggantian Chord

Joe juga sering membumbui progresi akordnya ketika memainkan gitar jazz. Dalam pelajaran di bawah ini, Anda harus menerapkan ii-V, sekunder dominan, dan dim7 sebagai 7b9.

Salah satu hal yang membuat Joe begitu terlihat jenius yakni jarang menggunakan substitusi tingkat lanjut. Namun sebaliknya, dia malah memilih apa yang mudah, dan yang paling penting apa yang terdengar tepat untuk situasi musiknya. Mempelajari pengaturan Joe Pass adalah cara yang paling efektif dalam menggunakan beberapa substitusi.

Bar Odd Meter

Di sinilah Joe benar-benar menempatkan ciri khasnya dalam melodi akord dan gitar solo. Bagi Joe, garis yang dia mainkan selalu mengalahkan bentuknya. Tapi bukan berarti bahwa dia mengabaikan bentuknya. Namun pada saat dia memainkan sebuah frasa, dia membiarkan frasa itu dimainkan daripada memendekkannya agar sesuai dengan bar.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa Anda dapat menambahkan batang 5/4, 2/4, 3/4, dll. pada saat bermain gitar solo. Anda dapat melihat pendekatan ini dalam pemahaman di bawah ini, di mana batang 5/4 digunakan untuk memperpanjang skala satu not.

Sekali lagi, ketika bermain gitar tunggal Anda memiliki kebebasan untuk memperpanjang garis Anda. Cobalah, tetapi jangan berlebihan. Ketika diterapkan dengan benar, seperti yang dilakukan oleh Joe, bar odd meter ini bisa sangat efektif.

Namun, jika terlalu sering digunakan, momen-momen ini menjadi dapat diprediksi dan bertele-tele. Menemukan momen yang tepat, dan tidak terlalu sering menggunakannya adalah kunci utama menentukan keharmonisan melodi chord Anda.

Riff VS Melodi

Konsep Joe Pass yang terakhir adalah penggunaan riff vs melodi. Konsep ini tidak sama dengan garis di antara melodi yang sering dilakukan oleh Joe. Namun konsep ini mengganti melodi dengan akord atau not tunggal.

Ketika melakukan konsep ini, Joe membiarkan bagian melodi keluar dari pengaturannya. Seperti biasa, hal ini adalah konsep yang sangat efektif untuk digunakan dalam memainkan melodi chord Anda. Tapi, jika berlebihan Anda akan kehilangan rasa melodi yang harmonis, dan menyebabkan pengaturan ini terdengar seperti solo.

Perhatikan di mana momen-momen ini terjadi dalam pengaturannya. Dengarkan album Joe Pass favorit Anda dan perhatikan ketika Joe mengganti melodi dengan riff-nya sendiri.

Belajar Melodi Gitar
Riff vs Melodi


Melodi chord selanjutnya adalah Bassline yang berjalan di bawah melodi. Menambahkan bassline akan memberikan Anda tekstur baru untuk dimainkan, dan hal ini dapat menimbulkan sedikit kesulitan pada woodshed.

Dalam contoh di bawah ini, Anda dapat menambahkan bassline di bawah melodi, dan menjaga sebagian besar melodi pada 2 senar atas dan not bass pada 2 senar bawah.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan ruang untuk menambahkan kunci ke-3 dan ke-7 di antara garis tersebut. Sama halnya dengan melodi chord, Anda harus fleksibel dengan fingering melodi Anda. Di sini, ada kalanya melodi perlu disesuaikan dari fingering agar sesuai dengan bassline.

Anda dapat menggunakan senar ketiga apabila memang dibutuhkan. Jika Anda memutuskan untuk meletakkan akord di antara bass dan melodi, pertimbangkan kembali jari jari Anda dalam membuat akord yang lebih mudah untuk ditekan.

Namun untuk saat ini, mulailah dengan mempelajari melodi chord berikut ini. Kemudian, ketika Anda sudah siap, ambil melodi yang Anda tahu, letakkan di atas string, dan tambahkan not bass di bawahnya.

Mungkin terlihat sangat sulit, terutama dari perspektif jari. Tapi, dengan sedikit waktu, dan pengalaman, tentu Anda dapat menguasainya dengan mudah.

Belajar Melodi Gitar
Bassline


Loading...