Kunci Gitar
Aplikasi Kunci Gitar di Android Bisa Offline
Download

Belajar Kunci Gitar - Belajar kunci gitar memang hal yang sedikit rumit. Apalagi jika Anda belajar sendiri, dalam arti tidak mengikuti kursus atau belajar dengan teman yang sudah bisa memainkan gitar.

Tenang, meskipun belajar sendiri sedikit lebih sulit daripada belajar dengan teman ataupun mengikuti sejumlah kursus. Namun dalam panduan kali ini Anda akan mahir memainkan kunci gitar dengan akord barre.

Ngomong-ngomong pernah dengar istilah "barre"? Belum ya?

Jadi intinya, jika Anda menemukan sebuah lagu dengan akord F atau Bm, Anda dapat memainkannya menggunakan akord barre. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memainkan akord eksotis seperti Bb7, C # atau Abm7 hanya dengan akord barre.

Kok bisa? Jelas bisa! Yang Anda perlukan disini hanyalah dua hal :

1. Teknik yang tepat

2. Sedikit kekuatan pada tangan Anda

Kebanyakan orang merasa kesulitan dalam mendapatkan chord barre dengan benar. Untuk mendapatkan chord barre ini memang membutuhkan latihan yang banyak, tetapi ada beberapa tips yang dapat membantu Anda melewati rintangan ini.

Baca Juga : 15 Cara Membaca Tab Gitar Dengan Baik dan Benar

Chord Barre adalah kebalikan dari 'chord terbuka'. Chord terbuka adalah chord yang Anda pelajari ketika Anda mulai belajar gitar. Chord tersebut dimainkan di tiga frets pertama dari gitar dan melibatkan string yang 'terbuka'. Misalnya, ketika Anda memainkan kunci E terbuka, Anda meletakkan jari Anda pada string A, D, dan G, tetapi tidak pada string E rendah, string b atau string E tinggi.

Chord terbuka sangat bagus, tetapi hanya ada sejumlah akord yang dapat Anda mainkan menggunakan chord terbuka. Misalnya, jika Anda menemukan lagu yang menggunakan B minor, F minor atau E datar, Anda tidak akan dapat memainkan lagu tersebut hanya dengan menggunakan chord terbuka.

Salah satu solusi untuk hal di atas adalah dengan menggunakan capo (perangkat yang menekan semua string), sehingga Anda dapat memainkan akord terbuka Anda di posisi apapun.

Solusi lain yang lebih fleksibel adalah dengan memainkan chord barre. Sebuah kunci barre pada dasarnya adalah sebuah akord terbuka yang naik ke fretboard dengan menggunakan jari telunjuk Anda sebagai capo. Anda bisa menempatkannya secara datar di leher seperti 'barre' untuk menekan semua string.

Banyak orang belajar chord barre setelah mempelajari berbagai macam chord terbuka. Pada titik tertentu, mereka menemukan lagu-lagu dengan akord F atau kunci B minor di dalamnya, jadi itu adalah kunci barre pertama yang mereka coba.

Mungkin hal itu terlihat seperti ide yang bagus, tetapi chord barre yang berdekatan tentunya akan lebih sulit untuk dimainkan. F barre sebenarnya adalah salah satu akord barre yang paling sulit. Diperlukan kekuatan yang cukup besar untuk mendorong senar ke bawah, karena posisinya harus sedekat mungkin dengan mur. Jadi saya sarankan untuk belajar dari yang sedikit lebih mudah dahulu sebelum menuju ke chord F yang terasa sulit ini.

Nah disini kamu bisa mencoba chord yang jauh lebih mudah, antara lain seperti beberapa chord di bawah ini.

E Minor Barre Chord

Chord barre ini lebih mudah untuk dimainkan karena barre direntangkan di atas lima senar, bukan enam. Dalam chord ini Anda hanya perlu mengurus dua string: string A dan string E tinggi. Untuk memainkan akord ini, pertama-tama fret terbuka A minor chord tanpa menggunakan jari telunjuk Anda. Selanjutnya, geser jari Anda ke fret ke tujuh dan letakkan barre Anda di fret ketujuh.

B Major Barre Chord

Selanjutnya, Anda perlu berlatih sebuah barre yang membentang di atas 6 senar. Selain F barre, saya sarankan kepada Anda untuk memainkan kunci barre yang lebih tinggi di leher, di posisi ketujuh misalnya (yang akan menjadi akord mayor B).

Gunakan pendekatan yang sama seperti dengan akord terakhir. Mainkan akord E terbuka, tetapi jangan gunakan jari telunjuk Anda. Kemudian geser jari-jari itu ke fret ke tujuh dan letakkan barre Anda di fret ketujuh.

Ada sedikit kemungkinan bahwa gitar Anda akan lebih sulit untuk dimainkan daripada seharusnya. Jika Anda merasa resah atau lelah, dengan maksut banyak pekerjaan, hal ini mungkin dapat kita artikan bahwa 'aksi' Anda terlalu tinggi. Aksi atau tindakan terlalu mengacu pada jarak antara fretboard dan string.


Aksi tinggi berarti jarak ini sangat bagus dan string Anda tinggi, di atas fretboard. Mengatur aksi yang terlalu tinggi membuat bermain terasa lebih sulit, karena membutuhkan lebih banyak usaha dan tenaga untuk menekan string. Jika mengatur aksi terlalu rendah, maka string tidak akan memiliki ruang yang cukup untuk bergetar, sehingga akan menciptakan suara berdengung saat senar tersebut menekan fret.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah aksi Anda terlalu tinggi, yakni dengan memeriksa gitar Anda menggunakan teknologi luthier. Namun ada juga cara alternatif untuk mengatasi permasalahan ini.

Caranya, ambil koin yang tebal kira-kira 2 mm. Lalu geser koin itu di bawah senar E rendah di fret kedua belas dan letakkan di fret. Jika "pas" atau hanya memiliki sedikit ruang, maka aksi Anda rendah dan seharusnya tidak menimbulkan masalah. Tetapi jika terdapat banyak ruang dan Anda dapat dengan mudahnya memasukkan koin lain di sana, maka aksi Anda mungkin terlalu tinggi.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menghubungkan chord barre, 10 kali menekan lebih keras pun tidak akan menjadi solusi. Hal ini biasanya merupakan masalah dalam menyesuaikan teknik untuk mendapatkan nada yang benar. Jadi di sini ada 6 teknik dan tips yang mungkin bisa memecahkan masalah Anda.

Pastikan untuk meletakkan ibu jari Anda di belakang leher gitar, tepat di bagian tengahnya, atau bisa juga lebih rendah. Jika jempol Anda terlalu tinggi atau jika Anda melilitkannya di leher gitar, tentu Anda tidak akan bisa memainkan kunci barre ini. Dengan menurunkan ibu jari Anda, maka secara otomatis pergelangan tangan akan lebih dekat ke lantai, dan jari-jari pun lebih leluasa dalam berpindah chord.

Menggunakan sisi datar jari telunjuk Anda mungkin akan menimbulkan sedikit masalah dalam menerapkan kunci barre, hal itu dikarenakan oleh dua alasan :

1. Sisi datar cukup lembut, dimana hal inilah yang membuatnya sulit untuk menerapkan tekanan dan mendapatkan akord yang terdengar bersih.

2. String bisa terselip di area berlekuk di mana sendi jari berada. Hal ini juga akan menimbulkan sedikit kesulitan bagi Anda dalam menekan string dengan benar.

Tepi jari telunjuk Anda lebih lincah dan lebih keras, yang berarti Anda tidak perlu menerapkan banyak tekanan. Untuk menggunakan tepi, letakkan bilah Anda di fretboard, sambil menekan cobalah untuk mendorong ke arah headstock gitar Anda.

Untuk menggeser jari telunjuk Anda ke samping dan mendorong ke arah headstock, dalam hal ini Anda harus menjaga siku Anda agar tetap dekat dengan tubuh Anda. Mendorong ataupun menggeser jari sangat tidak mungkin ketika siku Anda mengambang dan jauh dari tubuh Anda. Pastikan lengan Anda tergantung di samping tubuh Anda, sehingga akan jauh lebih mudah dan nyaman dalam bermain gitar.

Tempat yang paling dekat dengan fret merupakan sebuah tempat yang perlu Anda beri tekanan paling kecil, tentunya agar mendapatkan suara yang bersih. Dengan begitu Anda dapat menempatkan jari Anda pada fret.

Dalam hal ini Anda harus menempatkan jari telunjuk Anda dalam posisi yang tepat. Bukan pada fret, tapi sangat dekat dengan fret. Jari telunjuk Anda mungkin akan menutupi fret, dan disini Anda tidak perlu menekannya. Pastikan juga jari telunjuk Anda sejajar dengan fret dan tidak ditempatkan secara diagonal.

Terkadang Anda akan mendengar beberapa string yang Anda matikan. Jika Anda tidak dapat mendengar string G atau D, kemungkinannya adalah jari telunjuk Anda tidak sepenuhnya lurus, tetapi sedikit melengkung. Dimana jari Anda menekan string luar (string E tinggi, string B, dan senar E rendah), tetapi tidak menekan string tengah. Untuk menghindari hal ini, pastikan jari Anda tetap rata dan lurus.

Kadang-kadang string bisa terletak diantara lipatan pada jari Anda. Memindahkan jari telunjuk Anda sedikit ke atas atau ke bawah dapat mengatasi hal ini. Jika Anda tidak bisa mendengar salah satu senar teratas, bereksperimenlah dengan seberapa banyak jari telunjuk Anda menonjol di atas fretboard.

Loading...

Kunci Gitar Lainnya:

close