Kunci Gitar
Aplikasi Kunci Gitar di Android Bisa Offline
Download

Belajar Gitar Melodi - Belajar gitar melodi memang tidak semudah yang kita pikirkan, sebab kita perlu menguasai melodi chord, yang notabennya adalah chord paling sulit bagi para pemula.

Baca Juga : Belajar Melodi Gitar, Macam dan Penjelasannya

Untuk memulai panduan ini, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai definisi melodi chord, sehingga Anda akan memahami bagaimana chord tersebut digunakan dalam panduan ini.

Singkatnya, melodi chord mengacu pada pengaturan grup dan solo gitar. Namun, untuk memperjelas pendekatan itu, melodi chord memiliki definisi tersendiri, yakni menyelaraskan melodi dengan menambahkan chord, double stop, oktaf, garis bass, atau perangkat harmonik lainnya.

Sekarang, mari kita bandingkan empat batang not tunggal menjadi empat batang melodi chord. Berikut empat bar pertama dalam lagu After You've Gone yang ditulis sebagai melodi not tunggal.


Sementara di bawah ini merupakan melodi yang sama namun dimainkan dalam pengaturan melodi akord.


Perbedaannya bisa kita dengar dengan mudah. Satu dimainkan dalam pendekatan satu baris, dan yang lainnya diselaraskan dengan menambahkan akord di bawah melodi.

Ketika Anda sudah mulai belajar, Anda akan memahami bagaimana menyelaraskan garis melodi dan mengeksplorasi variasinya. Dimana nantinya hal tersebut akan memperluas melodi chord dan pengaturan gitar solo Anda.

Selain mendefinisikan melodi chord, penting juga untuk mengetahui perbedaan antara melodi chord dan gitar solo, yang selanjutnya akan kita bahas dalam artikel ini.

Seperti yang baru saja Anda pelajari, memahami perbedaan melodi chord dan gitar solo sebelum mempelajarinya masing-masing merupakan hal yang cukup penting.

Pendekatan tersebut memiliki kesamaan yang serupa, itulah sebabnya mengapa sering disebut sebagai hal yang sama dalam sebuah pembahasan atau ulasan.

Tapi, ada perbedaan mendasar antara akord melodi dan gitar solo yang membuat belajar dua gaya ini lebih mudah. Untuk memulai perbandingan ini, berikut adalah unsur-unsur karakteristik melodi chord.

- Dimainkan dengan grup kecil - duo, trio, kuartet, dll.

- Menggunakan bentuk akor yang lebih kecil, seringkali tanpa akar.

- Mematuhi bentuk lagu secara langsung.

- Menjaga tempo dengan band.

- Digunakan untuk mengganti kepala not tunggal, lalu diarahkan ke bagian solo.

Sedangkan untuk gitar solo, berikut beberapa karakteristik yang menjadi ciri gitar solo.

- Dimainkan dalam situasi gitar tunggal, tidak ada band.

- Menggunakan lebih banyak bentuk akord berbasis root dan lebih besar.

- Bentuknya menjadi fleksibel.

- Waktu dan tempo hanya di tentukan oleh pemain.

- Dapat dimainkan sebagai lagu yang berdiri sendiri, atau sebagai intro ke versi kombo.

Seperti yang Anda lihat, meskipun kedua pendekatan ini melibatkan harmonisasi melodi, mereka menggunakan pendekatan yang berbeda dan dimainkan dalam situasi yang berbeda pula.

Memahami perbedaan ini dapat membantu Anda dalam memutuskan pendekatan yang tepat untuk melodi chord atau susunan gitar solo Anda berikutnya.

Setelah Anda memahami pendekatan ini, Anda bisa melanjutkan panduan ini dengan mempersiapkan nada untuk melodi chord atau pengaturan gitar solo.

Dalam tahap ini, Anda perlu waktu untuk mempelajarinya. Jadi, jika Anda baru memulai melodi chord, atau gitar jazz, mungkin langkah-langkah ini terasa sangat sulit. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dalam panduan ini Anda dapat mempelajarinya dengan mudah.

Persiapan pertama yang dibutuhkan dalam hal ini adalah memilih kunci untuk pengaturan bermain Anda. Mengubah kunci standar cenderung untuk gitar solo, di mana Anda memiliki kebebasan untuk bergerak dalam kinerja Anda. Namun, jika garis melodi terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk membuat melodi chord, Anda dapat mengubah kunci tersebut agar lebih mudah.

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengambil melodi ke dua senar teratas, menggunakan string ketiga bila diperlukan. Hal ini dapat memberi Anda ruang untuk menambahkan akord di bawah melodi.

Sebagai contoh, Anda dapat memahaminya dengan melihat frasa dari lagu After You've Gone dalam oktaf asli.


Pada gambar di atas Anda dapat melihat bahwa tidak ada banyak ruang untuk menambahkan akord di bawah melodi tersebut.

Sedangkan berikut ini ada frasa yang sama dengan satu oktaf sebagai perbandingannya.


Jauh lebih baik bukan?

Sebelum mempelajari pengaturan dalam pelajaran ini, cobalah untuk memainkan melodi pada lagu After You've Gone dalam dua senar teratas. Hal ini dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana menjadi fleksibel dengan melodi dalam melodi chord Anda.

Ketika bermain menggunakan pengaturan, perhatikan bahwa not digerakkan untuk menyesuaikan akord dan nada bass yang berbeda. Jadi, ketika mengerjakan melodi pada dua senar teratas, jangan berpikir tentang fingering sebagai dogma.

Bersikaplah fleksibel, dan jangan takut dalam mengambil not yang Anda mainkan pada string kedua, dan pindahkan ke string pertama jika memang diperlukan.


Tahap berikutnya dalam mempersiapkan melodi chord adalah memilih teknik picking. Berikut ada tiga pilihan yang dapat Anda pilih ketika berada di melodi chord dan gitar solo.

- Pick
- Fingerpicking
- Hybrid Picking

Jika Anda memilih Pick, Anda akan berpaku pada not tunggal, dan mungkin akan mengalami masalah dengan akord atau basslines tertentu. Fingerpicking sangat bagus untuk chord dan basslines, tetapi cukup buruk pada not tunggal.

Sedangkan Hybrid Picking adalah pilihan yang terbaik dari beberapa pilihan tadi. Akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup banyak agar dapat membiasakan diri dalam menerapkan Hybrid Picking.

Tidak peduli pilihan mana yang akan Anda pilih, karena selalu ada pro dan kontra. Cobalah setiap variasi ini, dan lihat mana yang paling sesuai dengan gaya bermain Anda.

Tahap ini adalah bagian yang paling sulit, yakni menambahkan chord di atas melodi.

Seperti yang Anda lihat dalam pengaturan di bawah ini, Anda dapat memilih untuk menyelaraskan beberapa atau semua not dalam melodi chord. Dalam hal ini, cara terbaik untuk menemukan akor yang tepat adalah mengidentifikasi interval nada melodi.

Kemudian, temukan bentuk akord yang memiliki interval sama pada not paling atas. Sehingga dapat kita katakan bahwa akord itulah yang akan Anda gunakan di atas nada melodi tersebut.

Sebagai contoh, jika melodi adalah A, dan akornya adalah F7, Anda memainkan F7 dengan angka 3 di atas, seperti posisi root dari 2 akor drop.

Setelah Anda meletakkan akord di bawah setiap nada melodi, atau banyak nada melodi yang Anda rasa dibutuhkan, maka Anda sudah siap untuk memainkan melodi chord Anda.

Loading...

Kunci Gitar Lainnya:

close